Kenali Tanda - Tanda Bila Anda Kecanduan Seks


Berbagai hal bisa membuat orang kecanduan, termasuk kecanduan seks. Untuk itu kenali gejala apa saja yang muncul jika seseorang sudah terkena kecanduan seks.

Kecanduan seks bisa membahayakan orang-orang disekitar pecandu. Hal ini karena kecanduan seks membutuhkan orang lain sebagai pasangan untuk membantunya memberikan kesenangan. Ia akan terobsesi oleh seks dan aktivitas seksual atau fantasi dengan mengesampingkan hal-hal lain sama seperti pecandu lainnya.

Kecanduan seks bukan sekedar penyakit akibat tak bisa menahan godaan atau rangsangan seksual saja, tapi juga karena ketidakberdayaan untuk mengontrol perilaku. Bahkan menurut ahli psikologi, kecanduan seks kini dikategorikan sebagai penyakit saraf.

Berikut ini beberapa peringatan awal yang harus diwaspadai sebagai gejala kecanduan seks, seperti dikutip dari Lifemojo, Sabtu (30/7/2011) yaitu;

Menggunakan seks untuk menghilangkan perasaan negatif hingga bisa mendapatkan kesenangan sementara
Menyembunyikan perilaku seksual dari pasangan
Semua efek sakit dari pekerjaan, hubungan dengan orang lain atau kehidupan sehari-hari akibat obsesi terhadap seks
Menyadari bahwa hubungan seks yang dilakukan bisa menjadi masalah jika diketahui oleh publik
Ketidakmampuan untuk berhenti dari kehidupan seksual rahasia yang berbahaya secara permanen
Melakukan masturbasi secara kompulsif (berulang-ulang) dan melakukan seks yang tidak aman

Jika ada salah satu dari gejala atau perilaku tersebut, maka ada kemungkinan seseorang mengalami kecanduan seks dan memerlukan bantuan seperti terapi untuk mengatasinya.

Sementara itu ada pula beberapa perilaku khas yang dimiliki oleh seorang pecandu seks seperti:

Memiliki keasyikan tersendiri dengan seks sepanjang waktu
Menjadikan aktivitasnya sebagai salah satu ritual
Meskipun menyadari bahwa tindakannya salah, para pecandu akan mampu mengubah perilakunya tapi tetap melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang

Beberapa hal diduga bisa menjadi penyebab seseorang jadi pecandu seks seperti merasa kesepian sehingga ia melihat seks sebagai cara agar merasa dihargai dan dicintai, atau bisa juga karena adanya kekerasan pada masa kanak-kanak.

Penanganan yang diberikan untuk pecandu seks pun berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. Namun kunci keberhasilan dari merehabilitasi pecandu seks meliputi 3 hal yaitu mengevaluasi riwayat hidupnya, mengubah cara pandangnya serta mencegahnya agar tidak kambuh lagi.
Share this Article on :
 

© Copyright fivanews 2010 -2011 | Design by Herdy Sr | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.