CARA MENGECEK DAN MEMBUKA SITUS DAN IP YANG TERBLOKIR



Pertama-tama, kita harus cermati dulu Mengapa sebuah situs tidak bisa dibuka / diblokir?

1. Adanya spam atau malware pada komputer Anda.

Perangkat lunak berbahaya, terkadang dibundel dengan download gratis lain tanpa sepengetahuan Anda, dapat memicu Google untuk menampilkan pesan tersebut diatas. Ketika ada indikasi adanya spam atau malwere pada komputer kita maka mesin pencari akan mencatat IP Address kita dan menandainya ( Blacklist ) sehingga pada saat kita membuka sebuah situs dengan perangkat yang telah ditandai ( komputer maupun modem ( nomer telepon jaringan) ) maka akan muncul pesan pesan tersebut diatas.
Spam terjadi paling sering melalui Email, Salah satu yang paling sering di jadikan alasan memasukan sebuah e-mail sebagai spam oleh server penerima e-mail adalah jika IP address server pengirim e-mail yang kita gunakan untuk mengirim e-mail bukan SMTP server provider. Hal ini sering terjadi pada kita yang menggunakan Linux atau Microsoft Exchange Server yang memang mempunyai kemampuan untuk berfungsi sebagai mail server sendiri tanpa tergantung pada mail server milik provider.
Sejak banyaknya virus yang mengirimkan e-mail secara automatis ke banyak tujuan untuk menyebarkan virus, banyak sekali situs yang mulai bekerja untuk mendeteksi IP-IP yang mengirimkan e-mail dari SMTP Server yang bukan provider.


 

Cara kerja pemblokiran adalah sebagai berikut,

1. Komputer Windows terserang virus atau menjalankan program untuk spamming mengirimkan junk mail dalam     jumlah besar.
2. Komputer tersebut akan mengirimkan e-mail secara langsung tanpa SMTP server provider, dan membabi buta ke     semua account e-mail yang dia ketahui untuk menyebarkan virusnya atau spam-nya.
3. Situs pendeteksi spam berhasil mendeteksi kegiatan tidak menyenangkan ini.
4. Situs pendeteksi spam memasukan IP public komputer pengirim ke dalam blacklist DNS.
5. SMTP server di banyak tempat saat ini banyak mengambil referensi ke blacklist DNS yang di sediakan situs     pendeteksi spam.
6. Jika IP address public yang kita gunakan masuk ke blacklist DNS, maka e-mail yang kita kirim secara langsung dari     IP address public tersebut akan di blokir oleh blacklist DNS.

2. Aksess situs-situs web yang dilarang oleh pemerintah atau pun dilarang oleh pihak lain yang berwenang seperti pengelola kampus, pengelola sekolah, pengelola lab komputer, pengelola warnet, pengelola hotspot, isp, dan lain sebagainya.

Macam / Jenis Situs Web Yang Sering Diblokir :
- Website Porno
- Situs jejaring sosial
- Situs pelanggar hak cipta
- permainan game online / gamenet
- Chating di internet
- Situs fitnah, propaganda, pelecehan, dsb.

3. Situs tertentu dengan sengaja di tandai untuk tidak bisa diaksess baik melalui Filtering maupun melalui cara cara pemblokiran website.

Mungkin istilah diatas ini yang paling cocok untuk menjelaskan cara -cara atau strategi agar bisa menembus situs -situs yang terblacklis / terblokir atau cara menyelesaikan IP Address kita yang ter blokir oleh mesin pencari.

Langkah menyelesaikan masalah terblokirnya situs mapun IP Address adalah

1. Menyelesaikan IP Address yang terblokir caranya adalah :
a. Cek IP address public yang kita gunakan. Cara yang paling gampang adalah masuk ke situs      http://www.myipaddress.com . Dengan anda membuka situs tersebut akan langsung diketahui IP Address      anda.
b. Setelah mengetahui IP address public yang kita gunakan maka bukalah situs berikut ini     http://cbl.abuseat.org/lookup.cgi?ip= .......... ( ketikkan IP Address anda baris titik- titik ). Jika ternyata IP tersebut masuk ke daftar di CBL, klik link untuk delisting IP address dan scroll windows ke paling bawah untuk meng-klik menu “Remove IP address”.
3. Kadang-kadang IP address kita tidak hanya masuk ke blokiran CBL, kita sering kali di persulit oleh blokiran PBL. Untuk mencek apakah IP address kita masuk ke blokiran PBL dapat dilakukan dengan cara masuk ke alamat http://www.spamhaus.org/query/Bootloader?ip=.....( ketikkan IP Address anda baris titik- titik ). Jika kita masuk dalam daftar PBL, pastikan kita delisting IP address tersebut dari CBL (langkah 2), kemudian kita usahakan untuk membuang dari PBL. Proses delisting dari PBL agak lebih rumit sedikit, kita perlu mengauthentikasi menggunakan e-mail.
Setelah proses tersebut dilakukan, biasanya butuh waktu sekitar 2-3 jam sebelum IP address yang kita gunakan hilang dari database blacklist DNS, karena memang biasanya butuh waktu beberapa jam sebelum database DNS ter-reset.
Setelah IP address public tersebut tidak lagi terdaftar di blacklist DNS maka kita dapat mengirimkan e-mail lagi dari SMTP server lokal yang ada di komputer kita.
2. Cek DNS Koneksi Internet Komputer Anda
Sebelum anda marah marah karena anda tidak dapat mengakses situs anda maka cek terlebih dahulu DNS koneksi Internet komputer anda. Mungkin DNS koneksi anda yang bermasalah. Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah benar situs atau website tersebut error atau tidak.
a. Ping website atau situs tersebut
Sebagai contoh, saya susah mengakses idr-clickit. Pada hari ini idr-clickit yang saya akses selalu error. Untuk mengetahui server tersebut benar-benar error atau tidak coba lakukan perintah berikut. Pertama, buka command atau terminal atau sejenisnya. Kemudian ketik ping situsyangdimaksud.com -t pada command prompt tersebut.. Untuk kasus saya, karena saya susah mengakses idr-clickit, maka perintahnya adalah idr-clickit.com -t.
Jika pada command tersebut keluar tulisan atau menunjukkan ip seperti gambar di bawah, maka server tersebut online atau tidak bermasalah. Berarti koneksi anda yang bermasalah untuk mengakses situs tersebut.
Tetapi jika command tersebut keluar tulisan request timeout berarti memang server situs tersebut down atau offline.

b. Cek menggunakan website http://isthatsitedown.com/ atau http://downforeveryoneorjustme.com/
Cara ini cukup mudah. Anda hanya memasukkan url yang anda maksudkan ke dalam salah satu website tersebut di atas.

3. Gunakan program-program Anti spam atau malware pada komputer Anda. Kami telah menyarankan beberapa program terkenal di bawah ini yang dapat mendeteksi dan menghapus aplikasi yang diduga adalah virus komputer pembuat Spam yaitu :
a. Google Pack
     ( Edisi Pemula Spyware Doctor disertakan gratis dengan Google Pack )
b. Sunbelt Software CounterSpy
c. Kaspersky Lab Internet Security
d. Norton Internet Security
e. MacScan (untuk pengguna Mac)
4. Hubungi administrator jaringan Anda.
Jika Anda mencoba langkah di atas dan belum menyelesaikan masalah ini, itu sangat mungkin bahwa pengguna atau komputer di jaringan anda mengirimkan lalu lintas secara otomatis ke Google. administrator jaringan Anda mungkin dapat menemukan dan menutup sumber lalu lintas otomatis tersebut sehingga kita dapat bebas untuk merujuk mereka ke halaman yang terblacklis.
Mengirimkan query otomatis dalam bentuk apapun kepada Google adalah tidak dibolehkan.Tetapi seringkali kita tidak menyadari bahwa IP Address kita mengirimkan pesan secara otomatis karena adanya Malware di komputer kita. Ini mencakup, antara lain, kegiatan berikut:
a. Menggunakan perangkat lunak apapun yang mengirim pencarian ke Google untuk menentukan bagaimana sebuah website atau peringkat halaman web di Google untuk berbagai pertanyaan
b. 'Meta-pencarian' Google
c. 'Offline' Melakukan pencarian di Google

5. Jika masalah yang adan hadapi masih berlanjut, administrator jaringan Anda harus menghubungi pihak Google melalui Email tentu saja dengan menyertakan IP Address yang terblokir tersebut.

6. Apabila sudah mentok tidak tahu harus bagaimana lagi, Kami menyarankan anda ganti nomor saja, itu apabila anda menggunakan telepon genggam atau Modem Flash. Dengan mengganti nomor maka IP Addrees anda juga berubah. Apabila langkah darurat ini tidak memungkinkan karena anda menggunakan jaringan telepon rumah ( anda menggunakan jaringan Speedy ) maka silahkan adan coba langkah langkah tersebut dibawah ini :

7: Gunakan Free Proxy.
Free Proxy adalah sebuah teknik dengan menggunakan proxy server yang merupakan sebuah server (sistem komputer atau program aplikasi) yang melayani permintaan klien dengan memforward permintaan tersebut ke server lainnya. Caranya mudah, ketika salah satu dari alamat website dibawah ini, dan ketik youtube.com atau multiply.com atau myspace.com.
Rupanya di luar sana banyak tersedia proxy gratis yang berbasis web. Daftarnya ada di List of Proxies, di directory of free web-based proxy services dan di directory of free proxy servers. Tinggal pilih, soalnya kadang-kadang mereka pun diblokir. Misalnya freetoview.net - cgi.ninjaproxy.com.- proxy.org/cgi_proxies- CGI_Proxy - Proxy_Lists

Hal yang anda lakukan berdasarkan urutan sbb :

1. Cek dengan Proxy
Inilah hal awal yang harus anda lakukan ketika anda mendapati website anda error alias tidak bisa di buka.bukalah www.anonymouse.org — Klik English –> Masukkan domain anda kemudian submit…bila bisa di buka ….. Server tidak ada masalah…..
Jika bertuliskan :
ERROR
The requested URL could not be retrieved
The following error was encountered while trying to retrieve the URL: http://www.htysite.co.tv
Unable to determine IP address from host name www.htysite.co.tv
The DNS server returned:
Server Failure: The name server was unable to process this query.
This means that the cache was not able to resolve the hostname presented in the URL. Check if the address is correct.
Your cache administrator is support@anonymouse.org.
Ok, biar lebih pasti buka web proxy lain contoh: www.24proxy.com, masukkan domain anda…lihat hasilnya, jika masih OK, anda harus tersenyum bahwa tidak ada masalah dengan server hosting anda.
Dengan www.24proxy.com ternyata bisa di buka....... wah betapa senang hati kami. Tetapi hal ini hanya berlaku untuk URL yang kita buka saja dan apabila kita buka postingan kita yang lain secara langsung ( setelah melalui www. 24proxy.com ) ternyata tidak bisa.
Gunakan alat lain untuk mengecek status loading website anda ketika di akses dari seluruh dunia dengan cara :
klik www.host-tracker.com –> masukkan website anda…..
Nah dengan host-tracker ini maka website anda akan di coba untuk di buka dari seluruh dunia. Bila semua status is OK dan berwarna hijau. Artinya Server hosting anda dalam posisi top performance.
Dengan gt jgn protes ke tempat hosting anda...

2. CEK IP Koneksi ke Hoster
Setiap server memiliki setting firewall yang berbeda-beda, umumnya server hosting akan melakukan blokir pada IP koneksi yang berusaha melakukan login yang salah sampai 5 x . Ini untuk keamanan cpanel anda agar tidak di hack oleh orang lain.
Caranya : buka www.myipaddress.com –> lihat Ip yang tertera , informasikan nomor IP tersebut ke tempat hosting anda seperti ini :
“Mohon di cek apakah Ip dengan nomor 117…………. terblokir di firewall server ? ” Kalo iya mohon di release.
Nah kalo memang terblokir, maka hoster akan menginformasikan ke anda dan membukakan blokir tersebut.setelah itu coba buka website anda.

3. Clear Cookies Browser
Ingat lakukan secara berurutan agar anda tidak bingung. Step 3 ini lakukan clear browser anda dengan cara :
Firefox : Tools –> Clear recent History / cookies
Chrome : klik tanda kunci –> Option – Clear Private Data
Cobalah membuka website anda.

4. Clear Cache Komputer
Bila cara-cara di atas tidak bisa menyelesaikan persoalan anda. Lakukan langkah ini dengan cara masuk ke:
My Computer – Klik Drive C 1 x, kemudian klik kanan mouse anda
Properties –> Disk Clean Up
Setelah proses itu selesai : cari Menu Start – Run : ipconfig /flushdns , kemudian tekan RUN
Restart lah komputer anda, dan lakukan koneksi kembali. Lihat apakah berhasil atau tidak.

5. Ganti DNS
Inilah cara paling ampuh setelah semuanya tidak bisa menyelesaikan masalah, ganti dns standart anda dengan dns lain misal opendns.
Caranya :
1. Bila pake modem yang sudah ada softwarenya tinggal masukkan dns dari software tersebut , misal kalo smart tampilan seperti ini :
Isilah dns ip sesuai dengan yang anda inginkan. disini kami memberikan Daftar DNS yang bisa anda pakai : Silahkan klik disini
2. Bila memakai koneksi lain silahkan lakukan hal berikut :
Carilah icon komputer ( 2 komputer ) di taskbar kanan bawah anda LAN, klik kanan –> Open Network Connection
Pilihlah Koneksi yang memiliki Status Connected ( internet anda harus on ya untuk mengetahuinya )
kemudian pilih –> klik kanan –> properties –> Networking
Pilih pada Internet Protocol (TCPIP) — pilih properties , nah disitu kelihatan dns yang kosong.
Isilah dengan : 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 ( DNS tersebut diatas )
Cobalah dengan cara di atas terlebih dahulu. Jalan terakhir adalah memeriksa file di dalam windows kita dengan cara :
Masuk Ke My Computer –> Drive C – Windows – System32
Carilah file “hosts”
Bila bingung pada saat anda berada di folder ini, klik lah search masukan “hosts” ( tanpa tanda petik ).
Bukalah file tersebut dengan Notepad, tekan control + F
ketikan domain yang tidak bisa di buka di komputer anda , misal atriumhosting.com
Bila disitu ada atriumhosting.com, hapuslah domain tersebut kemudian safe kembali.
Usahakan melakukan restart komputer setelah melakukan hal ini agar terjadi fresh reload systems.
Langkah yang lain dengan mamanfaatkan Proxy adalah
1. Usahakan pakai IP address untuk Browsing. Gunakan situs http://www.hcidata.info/host2ip.cgi untuk menerjemahkan alamat host menjadi IP. Jadi misalnya www.google.com diblokir, cari alamat IP-nya di sana. Nanti alamat IP inilah yang diketikkan di address bar. Tapi cara ini terkadang tidak mempan untuk firewall Fortinet dan beberapa situs tertentu
2. Dengan bantuan Google translate. Caranya, buat translate halaman dari-Inggris-ke-Inggris. Masuk ke situsnya paman google dengan mengetik keyword google translate dan masukkan alamat situs yang terblokir. Maka selesai

8. Menggunakan Jasa Situs Pihak Ketiga
Caranya untuk membuka akses blokir cukup mudah karena hanya menggunakan jasa website pihak ke tiga untuk membantu membukakan jalan kita dengan proxy. Buka situs-situs contoh di bawah ini dan masukkan link url situs web yang mau kita kunjungi namun tidak bisa.
- anonymouse.org
- proxybrowsing.com
- w3privacy.com
- ninjacloak.com
- the-cloak.com
- shadowsurf.com
- proxify.com dll

Dengan cara ini pun kita bisa berselancar di dunia maya dengan aman karena informasi tentang di mana kita mengakses internet, catatan kunjungan, informasi pribadi kita, dsb bisa dirahasiakan dengan baik. Namun mungkin ada beberapa situs yang tidak mau menerima koneksi semacam ini. Selain itu jangan gunakan teknik ini untuk tindak kriminal / kejahatan karena yang pasti akan terungkap juga. Ketika kami mencobanya hanya bisa membuka halaman Index nya ( Halaman Depannya ) saja

9. Gunakan website URL Redirect
Ada banyak lagi website URL redirect yang biasanya digunakan untuk memperpendek URL yang panjang. Diantaranya adalah tinyurl.com or snipurl.com.

10. Gunakan Search Engine
Ketikkan alamat website yang anda tuju ke Google.com atau Yahoo.com. Ada hasil ‘tembolok’ atau cached pages, klik disana dan masuk ke website yang anda tuju.

11. Gunakan Yahoo BableFish.
Coba http://babelfish.altavista.com/babelfish/trurl_pagecontent?lp=en_en&url=youtube.com ( klik link ini untuk mengakses YouTube). Untuk mengakses MySpace gunakan link ini, dan Multiply

12. Gunakan Google Translate sebagai proxy server.
Biasanya bisa juga digunakan untuk masuk ke video-video di YouTube yang hanya bisa dilihat oleh pengunjung dari region tertentu. Translate URL yang anda tuju menjadi bahasa apapun, anda akan diantar ke halaman yang anda tuju

13.Gunakan WatchThis.com.
Caranya mudah, http://www.changenotes.com/addapage.php ( klik link ini) , masukkan url yang anda ingin dapatkan beritanya dan alamat email anda. Sesudah itu, setiap ada update dari website tersebut maka Watchthis.com akan mengantar perubahan itu ke email anda.

14.Gunakan website PDF Converter
Sign up untuk account gratis di Adobe Create PDF Online dengan masuk kesitus nya untuk memudahkan silahkan anda klik disini ( http://www.adobe.com/products/acrobat/access_onlinetools.html ) , isi URL content yang anda butuhkan. Hasil website dalam bentuk PDF akan dikirim ke email anda untuk di download.

15. Ketikkan IP Address dan bukan URL.
Metoda ini tidak selalu berhasil, tetapi dilaporkan bisa beberapa user berhasil menggunakannya di Cina, UAE, Iran dan Arab Saudi. Gunakan situs http://www.hcidata.info/host2ip.cgi untuk menerjemahkan alamat host menjadi IP
IP Address YouTube adalah 208.65.153.253, MySpace 216.178.38.116, Multiply.com 66.246.179.201.


 *****
Ref: Dari berbagai sumber
Share this Article on :
 

© Copyright fivanews 2010 -2011 | Design by Herdy Sr | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.